Senin, 04 April 2011

Petani Tamatan SD Mampu Menciptakan Robot



Wu Yulu, seorang petani berusia 49 tahun dari luar kota Beijing, menjadi perbincangan di negaranya karena robot rumahan buatannya.

Saat ini robot ciptaan Wu, yang disebut sebagai anaknya, selangkah lagi mendapat pengakuan internasional. Robot itu terbuat dari barang bekas seperti kawat dan sekrup. Wu telah menciptakan lebih dari 47 robot yang dapat menuangkan teh, memberi api kepada perokok, dan mengecat.

Wu yang tidak sekolah lagi setelah lulus SD menjadi pahlawan di media massa China atas kreativitas dan penemuannya. Belakangan, media massa asing juga tertarik mewawancarainya sebelum dia muncul di Shanghai World Expo yang akan berlangsung dari Mei hingga Oktober.





”Saya sedikit terkenal sekarang. Padahal, saya telah melakukan ini lebih dari 20 tahun. Di ekspo nanti saya dapat menerima pengakuan lebih luas lagi. Saya akan mewakili para petani dan saya senang sekali,” katanya.



Wu mengakui, untuk membiayai hobinya mengutak-atik robot memang memerlukan biaya besar. Dia sampai bercerai dengan istrinya karena menghabiskan uang terlalu banyak untuk hobinya itu. Robot buatannya telah diperlihatkan di Jepang, Korea, dan Hongkong. Hebat juga petani ini.
source

8 Cara Menghargai Diri Sendiri



Seberapa besar Anda menghargai diri sendiri? Jika belum, ambillah waktu sebentar dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

1. Sediakan waktu. Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.

2. Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuh. Memang mudah mengabaikan kesakitan yang dirasakan tubuh dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Cobalah berendam di air panas yang dicampur garam atau mintalah seseorang untuk memeluk. Bisa juga cobalah berdiri dan lakukan peregangan.

3. Buat diri sendiri merasa nyaman. Misalnya dengan menelepon teman atau minum teh hangat, tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis buku harian, makan sesuatu yang disukai, mencium bau minyak aromaterapi seperti vanila, lavender, dan lain-lain.

4. Pergi ke dunia lain. Caranya adalah dengan membaca buku, menonton film, atau biarkan pikiran mengalir ke mana pun ia pergi.

5. Melakukan sesuatu yang konyol. Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.

6. Cuti sehari. Apalagi bila Anda sudah merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti sehari dan lakukan apa pun yang ingin dilakukan seharian penuh. Ini lebih baik daripada sehari di akhir pekan.

7. Jalan-jalan di tengah alam terbuka. Kadang kita lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih enak dan kalem. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah.

8. Melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan. Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik.

Taukahkamu; Bahwa Ayam Bisa Berganti Kelamin Secara Alami

Siapa bilang pergantian kelamin hanya bisa terjadi pada manusia? Ayam milik pasangan suami istri Jim dan Jeanette Howard yang berasal dari Huntington, Inggris mengalami pergantian kelamin dari betina ke jantan.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/04/01/1455238620X310.jpg

Ayam piaraan bernama Gertie itu mulai mondar-mandir di halaman rumah dan berkokok layaknya pejantan. Beberapa minggu kemudian, karakter pejantan mulai tumbuh, seperti pial di dagu, jengger di kepala, serta bulu coklat gelap khas pejantan.

Jim Howard mengatakan pada Cambridge News, "Saya tahu ini kedengarannya aneh, tapi saya bisa memastikan ini semua benar. Orang pikir ini hal yang konyol, tapi ternyata ini adalah benar adanya."

Publikasi Institut Ilmu Pangan dan Pertanian Universitas Florida tahun 2000 menyatakan, "Perubahan kelamin nyatanya terjadi, meski tak begitu sering. Namun hingga sekarang, belum dijumpai perubahan dari jantan ke betina."

Perubahan kelamin ini bisa dijelaskan dari perkembangan biologis ayam. Pada masa embrionik, terdapat bakal kelamin jantan dan betina. Sekali gen betina dominan, maka ovarium akan berkembang.

Tapi tak seperti manusia, ovarium ayam hanya berkembang di pinggang kiri saja. Sementara, bakal kelamin di pinggang kanan akan mengalami dormansi, tak berkembang menjadi jantan maupun betina. Bagian yang mengalami dormansi disebut ovotestis.

Dalam kondisi tertentu seperti adanya kista, tumor ataupun penyakit kelenjar anak ginjal, ovarium ayam bisa mengalami degenerasi. Saat itulah, ovotestis mungkin tumbuh menjadi organ kelamin jantan.

"Jika bakal kelamin di sebelah kanan berkembang jadi testis, maka akan mensekresikan androgen," kata Mike Hulet, profesor ilmu peternakan di Pennsylvania State University. Androgen adalah hormon yang bertanggung jawab terhadap karakteristik jantan.

"Produksi androgen inilah yang akan menyebabkan perubahan perilaku pada betina dan membuatnya bertingkah layaknya pejantan," ucap Hulet seperti dikutip Life's Little Mysteries.

Namun, ayam tak akan sepenuhnya menjadi jantan. Meski tampak jantan, secara genetik ayam seperti Gertier tetap betina. Jadi, meski tak akan mampu bertelur lagi, ayam yang berganti kelamin juga takkan mampu membuahi betina lain. Akibat pergantian kelamin, Gerte kini berganti nama menjadi Bertie.
source

April Xia Da (Xia): Percaya ga Kalau Cewek Imut ini Umurnya udah 30th



Pretty, seniman Cina komik manga, April Xia Da (Xia) adalah seorang selebriti komik yang sangat terkenal dari Cina. Dia adalah salah satu jenis langka berbakat artis komik manga yang juga berhasil pada sampul majalah karena wajah dia  terlihat cute seperti di komik-komik. Dalam waktu luangnya, April Xia Da suka membaca komik dan bermain game komputer.

Biodatanya :
Name: Xia Da 夏達
Nickname: April
Date of birth: April 4, 1981
Place of birth: Hunan Huaihua, China
Living in: Hangzhou
Horoscope: Aries
Professional: Cartoonist
(sumber)

Neh kalau masih kurang liat fotonya :







Sifat Manusia Berdasarkan Golongan Darah



Kepribadian seseorang berdasar golongan darah.
Golongan Darah: A, B, O, AB

Di Jepang , ramalan ttg seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak?

SIFAT SECARA UMUM
A terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan politik: ‘destra’
B nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: ’sinistra’
O berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: ‘centro’
AB unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik

BERDASARKAN URUTAN

Yg paling gampang ngaret soal waktu
1 B (krn nyantai terus)
2 O (krn flamboyan)
3 AB (krn gampang ganti program)
4 A (krn gagal dalam disiplin)

Yg paling susah mentolerir kesalahan org :
1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2 B (krn easy going tapi juga easy judging)
3 AB (krn asal beda)
4 O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yg paling bisa dipercaya :
1 A (krn konsisten dan taat hukum)
2 O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)

Yg paling disukai utk jadi teman :
1 O (orangnya sportif)
2 A (selalu on time dan persis)
3 AB (kreatif)
4 B (tergantung mood )

Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai:
1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2 AB (double standard)
3 A (terlalu taat dan scrupulous)
4 O (sulit mengalah)

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN 

Yg paling mudah kesasar/tersesat
1 B
2 A
3 O
4 AB

Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1 O (jago olah raga)
2 A (persis dan matematis)
3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo , renang dan gulat jepang bergoldar o)
4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver) hahahaha amiiinnnn…. golongan darah gw nih
2 A (krn berpribadi ‘minute’ dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)

Yg jadi PM jepang rata2 bergolongan darah
1 O (berjiwa pemimpin)

Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergol darah : B

Yg paling gampang nabung :
1 A (suka menghitung bunga bank)
2 O (suka melihat prospek)
3 AB (menabung krn punya proyek)
4 B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yg paling kuat ingatannya
1 O
2 AB
3 A
4 B

Yg paling cocok jadi MC :
1 A (kaya planner berjalan)

MENYANGKUT KESEHATAN 

Yg paling panjang umur :
1 O (gak gampang stress , antibodynya paling joss!)
2 A (hidup teratur)
3 B (mudah cari kompensasi stress)
4 AB (amburadul)

Yg paling gampang gendut
1 O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi) hahaahha…. bener banget nih….
2 B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3 A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4 AB (Makan tergantung mood , mudah kena anoressia)

Paling gampang digigit nyamuk :
O (darahnya manis)

Yg paling gampang flu/demam/batuk/ pilek
1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2 AB (lemah thd hygiene)
3 O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4 B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an) ini jg bener….
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup , soto, bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, ‘aji mumpung’)

Yg paling cepat botak :
1 O
2 B
3 A
4 AB

Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2 AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3 A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

Yg paling cepet tertidur
1 B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah ken ngantuk)
3 AB (tergantung kehendak)
4 A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yg mudah menyerang :
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza , paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut) ini jg bener…
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
AB (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).

Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
1 A
2 B
3 O
4 AB

source

Lebih Dari 11 Tahun, FBI Belum Mampu Memecahkan Sandi Ini

Apakah Anda memiliki otak yang encer dan pandai memecahkan sandi? Jika iya, maka mungkin Anda dapat membantu Badan Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat untuk memecahkan sebuah sandi pembunuhan.

Menurut laman MSNBC, sudah lebih dari 11 tahun FBI berusaha untuk memecahkan sandi yang menyimpan misteri pembunuhan seorang pria di kota St. Louis, negara bagian Missouri, Amerika Serikat.

Misteri ini dimulai pada 30 Juni 1999, saat Ricky McCormick, 41, ditemukan tewas terbunuh di rumahnya. Di dalam celana McCormick ditemukan dua lembar kertas bertuliskan huruf-huruf acak yang diduga merupakan sebuah sandi.

Tim pemecah kode FBI telah berusaha mati-matian untuk memecahkan sandi tersebut, namun mereka belum mendapatkan jawabannya. Hingga kini, tidak ada satupun tersangka yang ditangkap terkait pembunuhan ini.

"Kami sangat pandai dalam memecahkan sandi. Namun, dalam kasus ini kami membutuhkan bantuan," ujar Dan Olson, kepala badan Pemecahan Kode FBI.

"Pemecahan kode ini akan dapat mengungkap keberadaan korban sebelum dia tewas dan dapat mengungkap seluruh misteri pembunuhan ini," lanjut Olson lagi.

Olson mengatakan bahwa sandi yang ditemukan oleh FBI pada jasad McCormick dibuat dalam format yang tidak pernah mereka lihat sebelumnya.

Menurut catatan FBI, McCormick tidak lulus SMA namun dia dikenal sebagai seorang jenius otodidak. Anggota keluarganya mengatakan McCormick kerap menggunakan tulisan-tulisan sandi sejak kecil, namun tidak ada yang mengetahui apakah ada yang mengerti maksud sandi-sandi tersebut.

FBI meyakini catatan sandi berisikan lebih dari 30 baris kata tersebut dibuat McCormick tiga hari sebelum kematiannya. Inilah sandi yang membuat FBI pusing:





FBI berharap jika ada yang dapat memecahkan sandi tersebut, dapat menghubungi mereka di alamat :

FBI Laboratory
Cryptanalysis and Racketeering Records Unit
2501 Investigation Parkway
Quantico, VA 22135
Attn: Ricky McCormick Case

sumber: 

10 Meja dengan Design Paling Unik

1. Meja Sumo
meja sumo
Ya, ruang sobat tidak lengkap tanpa didukung oleh pegulat Sumo yang besar. Ini diberi nama pegulat Sumo Basho, yang merupakan kata jepang untuk turnamen, dan dia berada di dalam posisi siap menerkam berjongkok untuk mengambil semua pendatang. Harganya adalah $ 225.


2. Meja Pacman
meja pacman
Ingat sekolah permainan PacMan sobat yang biasanya dimainkan pada komputer? seorang Designer Erin McFadden menciptakan tabel modern yang canggih ini sebagai furnitur eksklusif untuk permainan.


3. Meja Post-it
meja post-it
Dirancang oleh Tom Seymour, Post-it ini tabel sebenarnya dapat digunakan untuk mencatat. Tabel ini terdiri dari 5.000 lembar kertas yang terikat melalui penerapan lem PVA. Anak-anak akan sangat senang lucu ini meja. Tapi meja ini tersedia hanya di Inggris saja.


4. Meja Perak
meja perak
meja Edisi terbatas ini , berjudul Precious Kelaparan, adalah objek yang ditemukan sepotong Cristofle yang seluruhnya terbuat dari perak.


5. Meja Interaktif
meja interaktif
Berikut ini adalah tabel yang menguunakan LEDcoffee interaktif mengedipkan mata dan berkilau, bereaksi terhadap gerakan dan menggunakan sensor inframerah yang mengamati ruang di atas meja, dan setiap gerakan yang terdeteksi adalah jejak menirukan dengan cahaya dan warna dari 480 LED. Harga mulai dari $ 1.895.


6. Meja Manusia
meja manusia
Dibuat oleh Dzmitry Samal. Empat laki-laki mendukung kaki meja. Terinspirasi oleh keindahan dan sensualitas manusia, mengesankan! Akan di produksi pada September 2009.


7. Meja Golf
meja golf
Tabel ini dimaksudkan untuk setiap pegolf yang menghabiskan begitu banyak waktu di jebakan pasir, yang memiliki jebakan pasir yang dibangun ke dalam tabel di rumah mereka hanya masuk akal. Meja memiliki ukiran bagus hijau di satu sisi dan pasir yang nyata mengisi bunker di sisi lain. Dapat berfungsi ganda sebagai asbak . Harga: $ 129,95


8. Meja Pong
meja pong
The Pong meja adalah meja makan terbuat dari DuPont Corian dengan dasar aluminium. Ada 2500 LED diintegrasikan ke atas meja, bersama dengan dua lagu alas mereka menciptakan permainan pong klasik.


9. Meja Tulang
meja tulang
Sisa-sisa kerangka leluhur mengangkat meja kaca bundar. 47,5 cm. tingginya. Harga: $ 288.


10. Meja Sepeda

meja beralaskan roda-roda sepeda. Harga: $ 52,00

sumber: Ad4msan

Mengapa kita Mampu Mendengar dengan Telinga

Gelombang suara dikumpulkan oleh telinga luar dan disalurkan sepanjang saluran telinga ke gendang telinga.

Dampak memukul suara gendang telinga menciptakan getaran yang menyebabkan tiga tulang di telinga tengah - maleus, inkus, dan stapes (martil, landasan dan sanggurdi) - untuk bergerak. Terkecil, stapes, cocok ke jendela oval antara telinga tengah dan dalam.

Ketika jendela oval bergetar, cairan di telinga dalam mengirimkan getaran ke organ pendengaran, disebut koklea.Pusat ini menerjemahkan impuls ke otak suara bisa mengenali.





Setelah getaran memukul gendang telinga Anda, reaksi berantai adalah berangkat. gendang telinga Anda, yang lebih kecil dan lebih tipis daripada kuku di jari kelingkingnya Anda, mengirimkan getaran ke tiga tulang terkecil dalam tubuh Anda.

Pertama palu, kemudian landasan, dan akhirnya, sanggurdi. sanggurdi yang melewati mereka getaran sepanjang bak melingkar di telinga bagian dalam yang disebut koklea.

Di dalam koklea terdapat ribuan ujung saraf rambut seperti, silia. Ketika Cochlea bergetar, gerakan silia. Otak Anda akan dikirim pesan-pesan ini (diterjemahkan dari getaran oleh silia) melalui saraf pendengaran.

Otak kemudian menerjemahkan semua itu dan memberitahu Anda apa yang Anda dengar.



Penelitian baru menunjukkan otak kita jauh lebih kacau dari yang diduga sebelumnya, dan ini mungkin hal yang baik.

Neurobiologists di University of Maryland telah menemukan informasi tentang bagaimana otak memproses suara yang menantang pemahaman sebelumnya korteks pendengaran yang diusulkan organisasi berdasarkan peta saraf yang tepat.

In the first study of the auditory cortex conducted using advanced imaging techniques, Patrick Kanold, Assistant Professor of Biology, Shihab Shamma, Professor of Electrical and Computer Engineering, and Sharba Bandyopadhyay, post-doctoral Dalam studi pertama korteks pendengaran dilakukan dengan menggunakan teknik pencitraan yang canggih,


Taukahkamu?
Telinga Anda tidak hanya baik untuk membantu Anda dengar. Mereka membantu menjaga keseimbangan Anda.

Di dekat bagian atas koklea tiga loop disebut saluran setengah lingkaran. Kanal ini penuh dengan cairan yang bergerak saat Anda memindahkan kepala. Hal ini mendorong melawan silia dan mengirim pesan ke otak yang memberitahu itu bagaimana tubuh Anda sedang bergerak.

Kita tahu bahwa perasaan pusing setelah Anda telah berputar? Nah, cairan di telinga Anda berputar juga. Yang membuat silia bergerak dalam semua arah yang berbeda dan bingung otak Anda.

  • Anak-anak memiliki telinga lebih sensitif daripada orang dewasa. Mereka bisa mendengar berbagai suara yang lebih besar.
  • Lumba-lumba memiliki rasa terbaik dari mendengar di antara semua binatang. Mereka mampu mendengar 14 kali lebih baik daripada manusia.
  • Terlalu banyak tekanan meletakkan cairan di gendang telinga Anda menyebabkan sakit telinga. Mereka sering merupakan akibat dari infeksi, alergi, atau virus

Sejarah Rubik’s Cube


Sebuah Rubik’s Cube yang telah terselesaikan

Rubik’s Cube atau Kubus Rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 bagian kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika terselesaikan/terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Rubik’s dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik’s tercatat sebagain mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik’s termasuk imitasinya.

Penemuan dan pengembangan

Sebelum Ditemukan
Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang dapat diputar dan mengajukan permohonan paten di Kanada untuk itu. Kubus itu disatukan dengan magnet. Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik menemukan kubusnya.
Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan untuk patennya “Spherical 3 × 3 × 3″. Dia menerima patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Penemuan
Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Rubik digunakannya untuk alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D , tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural yang bergerak pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai pertama kali dia bergegas Cube baru dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya. Rubik memperoleh patennya di Hungaria untuk “Magic Cube”-nya pada tahun 1975.

Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Magic Cube disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols’s. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan “Ideal Toys” untuk membawa Magic Cube ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan diLondon, Paris, Nuremberg, dan New York.


Pertandingan dan Rekor

Speedcubing/Speedsolving
Speedcubing adalah mencoba untuk menyelesaikan Kubus Rubik’s secepat mungkin.


Feliks Zemdegs

Pertandingan Dunia pertama diadakan oleh Guinness Book of World Records yang diadakan di Munich pada 13 Maret 1981. Semua rubik di lubrikasi dengan ”petroleum jelly”. Pemenang resmi, dengan catatan waktu 38 detik adalah Jury Froeschl dari Munich. Kejuaraan dunia pertama internasional diadakan di Budapest pada tanggal 5 Juni 1982, dan dimenangkan oleh Minh Thai, pelajar Vietnam dari Los Angeles, dengan catatan waktu 22,95 detik.

Sejak tahun 2003, pemenang kompetisi ditentukan dengan mengambil tiga waktu rata-rata dari lima percobaan. Namun, waktu terbaik dari semua percoban juga dicatat. World Cube Association menyimpan sejarah rekor dunia. Pada tahun 2004, WCA mewajibkan untuk menggunakan perangkat waktu khusus yang disebut Stackmat Timer.

Sampai artikel ini ditulis, pemegang rekor dunia untu 3x3x3 adalah Feliks Zemdegs dari Australia dengan catatan waktu 6,65 detik

Blindfolded Solving
Blindfolded Solving (sering disingkat dengan BLD)adalah cara menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup. Dalam menyelesaikan dengan tertutup, kontestan mememorisasi/mengingat posisi warna Rubik yang teracak dengan mata terbuka, dan kemudian ditutup matanya sebelum menyelesaikan Rubik. Waktu mulai dihitung sejak cuber melihat rubiknya dan melakukan memorisasi. Rekor resmi dunia saat ini untuk 3x3x3 BLD adalah 30,90 detik oleh Gabriel Alejandro Orozco Casillas dari Meksiko

Selama waktu penyesaian, peserta menggunakan penutup mata / blindfold dan seorang juri memegang sehelai kertas di bawah hidung peserta. Hal ini bertujuan agar peserta tidak dapat mengintip di bawah celah blindfold dan hidungnya.

Multiple Blindfolded Solving
Mutiple Blindfolded atau sering disingkat dengan multi BLD, disebut, sebut sebagai seni tertinggi dalam permainan rubik. Dalam permainan ini, peserta melakukan memorisasi BLD pada beberapa rubik sekaligus dengan mata tertutup tanpa jeda.Cabang ini jelas menuntut daya ingat yang luar biasa, keahlian teknik dan penguasaan, daya konsentrasi tinggi, dan penyelesaian yang cepat. Sampai artikel ini ditulis, rekor dunia resmi untuk cabang Multi BLD adalah 16 dari 16 rubik selama 56 menit dan 54 detik oleh Muhammad Iril Khairul Anam yang berasal dari Indonesia!

One handed solving
One handed Solving mengharuskan peserta untuk menyelesaikan rubik dengan satu tangan, baik tangan kanan maupun tangan kiri. Saat ini, rekor dunia untuk cabang One Handed Solving adalah 11,19 detik oleh Piotr Alexandrowicz

Solving with feet
Dalam hal ini, peserta mencoba untuk menyelesaikan Rubik dengan kaki, mulai dari tahap inspection hingga solving. Cabang ini benar-benar dipetandingkan secara resmi dalam kompetisi WCA. Pemegang rekor resminya adalah Anssi Vanhala dari Finlandia dengan waktu rata-rata 47,21 setik.

Perkembangan di Indonesia
Kubus Rubik’s mulai terkenal setelah penyelenggaraan Indonesia Open 2009, dimana acara ini diliput oleh SCTV. Tidak lama setelah itu, kubus rubik mulai populer dan sudah dijual di toko-toko buku besar, seperti Gramedia. Kompetisi Rubik’s di Indonesia yang kedua ialah Jakarta Open 2010, dimana Muhammad Iril Khairul Anam memecahkan rekor dunia menyelesaikan kubus rubik dengan mata tertutup. Hingga saat ini, berbagai kompetisi telah diselenggarakan, seperti Indonesian Championship 2010, Bali Cube Day 2010, dan lain – lain.

Di Indonesia sendiri speedcubing belum terlalu populer. Meskipun begitu, ada komunitas rubik di Indonesia seperti NSA (Nusantara Speedcubing Association) dengan ketua saat ini Arnold Soeprajanto. NSA juga memiliki beberapa regional di Indonesia, seperti JRCC (Jakarta Rubiks Cube Club), PRJ (Paguyuban Rubik Jogjakarta), dan lain – lain.

Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik’s (Rekor Indonesia) menurut MURI berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo, sedangkan menurut WCA (World Cube Association, organisasi rubik tingkat dunia), Rekor Indonesia dipegang oleh Renaldo Sanjaya pada tanggal 20 Februari 2011 dalam event East Borneo Open 2011 dengan catatan waktu 8,56 detik.

sumber: wikipedia / uniqpost

Minggu, 03 April 2011

Antonio Meucci si PENEMU ASLI Telepon

Antonio Santi Giuseppe Meucci, (lahir 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon. Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/75/Antonio_Meucci.jpg

Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Dia adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi di sana bersama istrinya. Pada waktu senggangnya Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.

http://www.chezbasilio.it/immagini/meucci_85.jpg

http://www.hebrewhistory.info/images/factpaper/27-I.3.gif

Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

http://www.jergym.hiedu.cz/~canovm/objevite/objev4/meu_soubory/meucci_old.jpg

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi "telegraf berbicara" ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah "hilang".

http://www.telephoneteca.com/images/Meucci_2.jpg

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union. Antonio Meucci wafat pada tanggal 18 Oktober 1889.

http://www.biografiasyvidas.com/biografia/m/fotos/meucci.jpg

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.
sumber